Selamat datang di blog ini

Blog ini merupakan blog yang berisikan catatan-catatan mahasiswa yang merindukan keadilan di negeri ini...!!!!!

Senin, 15 Agustus 2011

Keong Racun Ala Sinta dan Jojo dalam Sudut Pandang Imagologi....

Sorotan khalayak publik kembali terbelalak melihat kelahiran selebritis baru di negeri ini. mereka adalah jojo dan sinta; dua orang mojang bandung ini merilis video lipsing "keong racun" di youtube" dan berhasil menggeser popularitas kasak kusuk video mesum luna-ariel di media elektronik, riak-riak kenaikan TDL, sampai aksi gila pong hardjatmo yang nekat mencoret-coret gedung DPR.
tanggal 27 juli 2010 mereka menorehkan sejarah dengan menjadi trending topic di twitter. bahkan tidak tanggung-tangung foto kedua gadis manis ini go internasional karena dipajang di laman "independent" sebuah situs berita dari inggris.

dalam beberapa Thread forum milik terbesar di negeri ini,kehadiran mereka langsung menjadi buah bibir. beberapa komentar anggotanya pun mengaku terhibur dengan aksi "centil" mereka. ada yang menyukai karena wajah mereka yang lumayan cantik dan ada yang tertarik dengan lirik keong racun yang memuat hal-hal yang sifatnya cukup vulgar dan nakal.


yang harus kita ingat bersama adalah bahwa fenomena ini bukanlah suatu fenomena baru.Ada banyak fenomena serupa yang mencoba menyampaikan hal yang serupa. video moymoy palaboy ,marshanda,
dan geby yang melantunkan lagu " jauh" . kondisi ini cukup gamblang menjelaskan bagaimana gambaran gaya hidup anak muda zaman sekarang. gaya hidup yang selalu berbicara tentang eksistensi.
eksistensi yang bersandar pada tekhnologi pencitraan yang dibangun melalui dunia iklan, dunia informasi media, dunia virtual dll, sehingga membuat citra berkembang ke arah yang lebih kompleks baik dalam bentuk,trik,dan strategi. sebuah ruang bagi perkembangan ilmu tentang citra (imagologi)

imagologi dalam hal ini tidak bisa dipisahkan dari pola masyarakat yang bertransformasi ke arah yang disebut oleh Guy Debord sebagai masyarakat tontonan (society of spectacle). masyarakat yang menganggap peran sentral media ketimbang teks atau oral. oleh sebab itu masyarakat tontonan sangat menggantungkan diri pada berbagai aktifitas kepenontonan (spectatorship), seperti: melihat, menonton, memandang,mengintip,mengamati,dan menikmati. setiap produksi sosial,politik dan ekonomi selalu diiringi dengan produksi tontonan, dan setiap tontonan memerlukan citra sebagai cara penampakannya.

video keong racun versi sinta dan jojo menampilkan sebuah citra tertentu yang seakan-akan membuat publik terbius. wajah yang lumayan manis,lenggak-lenggok centil ditambah lirik yang nakal telah menjadi meme (baca;virus akal budi) yang menjangkiti pikiran pikiran para anak muda yang ingin mendapatkan ketenaran melalui jalan pintas. Menurut dawkins meme ini berpindah melaui proses peniruan.virus akal budi ini berpindah dari satu otak ke otak yang lain. kesadaran kolektif yang dibangun melalui alam bawah sadar ini menjadi batasan yang membingkai dunia dengan cara mengambil sebagian atau seluruh diri seseorang (inclution)akan tetapi mengabaikan sebagian atau seluruh lingkungan yang lain (exclution). Meminggirkan berarti menyembunyikan realitas dan meredusirnya sebagai realitas dan kebenaran yang direkonstruksi melalui dunia citra.

manusia-manusia modern yang terjebak pada citra bakalan lebih memilih citra dibanding benda, tiruan ketimbang asli, representasi ketimbang realitas,penampakan dibandingkan eksistensi (being).dengan memilih citra dibanding eksistensi sama artinya memilih kepalsuan dibandingkan kebenaran, "LIPSING" dibandingkan dengan suara asli. penampakan citra lebih dirayakan dibanding dipuja dan dipercaya. menggelayut dalam ketidakpastian,artifisial, reduksioner dan pastinya tak NYATA.
secara serampangan kita bisa mengatakan bahwa grand narasi yang dibangun melalui gaya hidup dan citra ini adalah slogan "saya ada,maka saya bergaya".

NB:tulisan ini bukannya mw mendompleng popilaritas sinta dan jojo sekesdar contekan dari buku, buah refleksi dari kemuakan akan segala sesuatu yang tak pasti.

Oleh Alhe Laitte pada 01 Agustus 2010





Tidak ada komentar:

Posting Komentar